Destinasi Wisata Hits di Wakatobi Wajib Anda Kunjungi

Destinasi Wisata Hits di Wakatobi Wajib Anda Kunjungi

Pernahkah Anda merasa bosan dan berpikir ingin ‘melarikan diri’ sejenak dari kemajuan teknologi modern, disertai dengan kejernihan laut dan langit biru? Jika demikian, Anda perlu mengunjungi Wakatobi, yang terletak di Sulawesi Tenggara, tepatnya di tengah Laut Banda, Wangi-Wangi, Kaledupa, Tomia, dan pulau Binongko (Wakatobi). Menjadi surga bagi pecinta selam, Wakatobi memiliki salah satu terumbu karang terindah di Indonesia.

Namun, Wakatobi bukan hanya tujuan menyelam karena Anda masih dapat menikmati kekayaan alam, budaya, dan keramahan orang-orang di sana. Mulai dari berbagai desa tradisional, peninggalan purba, hingga hutan yang belum tersentuh dapat ditemukan di sana. Ada yang penasaran? Ayo, lihat destinasi wisata hits di Wakatobi wajib Anda kunjungi!

1. Taman Nasional Wakatobi

Surga bagi pecinta selam ini memiliki 750 dari total 850 spesies karang di Dunia. Pantas saja wisata bahari menjadi kegiatan wisata andalan di Taman Nasional Wakatobi. Tidak hanya gugusan karang dan berbagai jenis ikan yang mengisi bawah air, tetapi Wakatobi memiliki ‘tamu’ yang setia yang menjadikan air di sana menjadi taman bermainnya, paus sperma. Kawanan hewan ini biasanya mulai terlihat pada bulan November ketika perairan Wakatobi lebih hangat daripada laut di belahan bumi lainnya. Selain itu, Anda juga bisa menemukan pari manta yang hanya ditemukan di perairan tropis. Dikelilingi oleh pantai sepanjang 600 km, tempat wisata alam di Wakatobi ini memiliki potensi besar jika terus dipertahankan.

2. Gua Telaga di Pulau Wangi-Wangi

Selain wisata bahari yang luar biasa, Wakatobi juga memiliki sederetan gua yang tak kalah menawan. Gua telaga di salah satu pulau kecil bernama Wangi-Wangi menawarkan daya tarik tersendiri dengan air jernih dan bersih. Beberapa gua telaga yang terkenal adalah Gua Kontamale dan Gua Tee Kosapi. Kedua tempat ini dapat diakses dengan mobil atau motor sekitar 15 menit dari pusat kota Wanci, Kecamatan Wangi-Wangi. Meski gua ini milik pemerintah setempat, namun warga sering menggunakan air sebagai sumber air. Bagi Anda yang suka berpetualang, Anda bisa menjelajahi luasnya gua ini di mana ada mata air dan stalagmit serta stalaktit menghiasi dinding gua. Apa yang Anda tunggu? Ayo, kunjungi serangkaian gua telaga di Wakatobi!

3. Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai

Bagi Anda yang lebih menyukai petualangan di darat, Anda dapat mengunjungi Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai di Wakatobi. Daerah yang memiliki luas 1.050 kilometer persegi diisi dengan beragam vegetasi, mulai dari sabana hingga hutan bakau. Jika Anda datang ke sana selama musim hujan, Anda dapat melihat sabana hijau dengan latar belakang Gunung Watumohai. Bagi Anda pecinta foto berkemah dan malam, Anda bisa mengabadikan pemandangan tenda di atas bukit dengan hamparan bintang di langit sebagai latar belakang. Anda juga dapat menemukan berbagai jenis burung di sana, seperti elang, maleo, dan kakatua jambul kuning kecil. Menjelajahi tempat ini juga dapat dilakukan dengan motor trail berkecepatan tinggi melalui jalur yang menantang dan gundukan tanah.

4. Air Terjun Moramo

Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 100 meter dalam bentuk air terjun bertingkat, dengan lebih dari 7 level utama dan 60 level kecil. Anda dapat berendam dan berenang di beberapa kolam alami di sana berdasarkan batu granit. Pemandangannya juga terasa lebih spesial dengan warna pelangi yang memancar dari buih air yang mengalir. Selain itu, area batu kapur yang ada di sana memberikan dinding batu yang licin karena sulit untuk menumbuhkan lumut, sehingga Anda bisa memanjatnya. Wisata alam di Wakatobi tidak hanya salah satu air terjun terindah di Indonesia, tetapi juga daerah yang memiliki kandungan marmer terbesar di dunia. Menarik bukan?

Jadi tunggu apa lagi? Ayo, rencanakan perjalanan Anda ke Wakatobi sekarang.