Objek Wisata Favorit di Malino

Objek Wisata Favorit di Malino

Jika Anda mengunjungi Sulawesi Selatan, jangan lewatkan kesempatan Anda untuk mengunjungi Malino. Terletak sekitar 90 km dari kota Makassar, di sini Anda dapat melihat banyak pemandangan menarik. Dari dataran tinggi, air terjun, lembah, museum hingga gua, Anda dapat menemukannya di Malino. Sebagai rekomendasi untuk Anda, di sini kita akan membahas tentang objek wisata favorit di Malino yang dapat Anda kunjungi, mari kita lihat!

1. Hutan Pinus Malino

Salah satu objek wisata terkenal di Malino adalah Hutan Pinus. Malino sendiri terletak di wilayah dataran tinggi yang tepatnya berada di Kabupaten Gowa. Untuk sampai ke Hutan Pinus, Anda hanya perlu melakukan perjalanan sekitar 3 jam dari kota Makassar. Di sini, Anda dapat melihat keindahan hutan pinus yang subur di lembah-lembah dan bukit-bukit di sekitar Malino. Jika Anda lelah berjalan di sekitar hutan pinus dengan berjalan kaki, Anda dapat menyewa kuda. Satu putaran berkeliling hutan pinus, Anda hanya perlu membayar sekitar Rp 10.000 hingga Rp 20.000.

2. Lembah Biru

Diapit oleh gunung dan hutan pinus, Lembah Biru menyajikan pemandangan menarik bagi Anda yang mengunjungi wilayah Sulawesi Selatan. Memasuki Lembah Biru Malino, Anda hanya perlu menghabiskan Rp 20.000. Dari kota Makassar Anda hanya perlu menempuh perjalanan sejauh 80 km. Ada banyak fasilitas menarik yang ditawarkan di tempat-tempat wisata Malino, mulai dari kolam renang hingga berbagai permainan seperti titanic, menara air, spider hingga helium stick. Di sekitar lembah, pengunjung juga dapat melihat langsung perkebunan buah dan sayur penduduk.

3. Air Terjun Takapala

Terletak di ketinggian 900 – 1500 mdpl, Anda dapat merasakan cuaca dingin di Air Terjun Takapala. Lokasinya di kaki Gunung Bawakaraeng juga membuat rute ke sini terlihat menarik. Ketinggian Air Terjun Takapala itu sendiri sekitar 100 meter dengan debit air yang cukup deras, sehingga sering terjadi kabut. Selain itu, dari bawah Anda kadang-kadang dapat melihat pelangi. Para pengunjung hanya diperbolehkan berenang atau berendam di kolam. Uniknya, ada sebuah gua yang terletak di belakang air terjun. Untuk masuk ke dalamnya, Anda perlu menembus tirai air terjun.

4. Taman Anggrek Malino

Dataran tinggi memang tempat yang cocok untuk tumbuhnya berbagai jenis bunga. Inilah sebabnya ketika mengunjungi Malino Anda dapat melihat keindahan Taman Bunga Anggrek. Pembangunan tempat ini memang difungsikan untuk melestarikan tanaman anggrek dan membantu petani anggrek di sekitar kawasan Malino. Ada beberapa anggrek langka yang dapat Anda temukan di tempat-tempat wisata di Malino seperti Coelogyne Celebensis, Vanda Celebica dan Grammatophyllum Stapeliiflorum.

5. Gua Jepang

Sesuai dengan namanya, Gua Jepang adalah peninggalan zaman penjajahan Jepang. Dari luar gua ini hanya terlihat seperti lubang berbentuk horizontal dan dikelilingi oleh tanah. Dibandingkan dengan gua pada umumnya, Gua Jepang memiliki ukuran yang lebih kecil. Di dalam, Anda akan melihat batu kapur mengeras dan jumlah stalaktit dan stalagmit.

6. Museum Balla Lompoa

Selain wisata alam seperti hutan pinus, air terjun ke perkebunan, Anda juga dapat mengunjungi Museum Balla Lompoa. Tempat wisata di Malino adalah tujuan wisata bersejarah yang merupakan rekonstruksi Istana Kerajaan Gowa. Bangunan Museum Balla Lompoa itu sendiri berbentuk rumah khas Bugis, yang merupakan rumah panggung. Di dalam museum, wisatawan dapat menemukan beberapa kamar mulai dari ruang utama yang terdiri dari kamar pribadi raja, stan kerajaan, penyimpanan benda-benda bersejarah dan ruang teras yang merupakan area penerimaan tamu.